Rabu, 10 Desember 2014

Baso Aci Makanan Khas Kota Garut Yang Lezat

Siapa yang tak kenal sama Bakso. Makanan ini mungkin yang paling banyak penggemarnya.



Tapi kata bakso ini kita sebut dengan kalimat Baso, yang unik disini bakso yang dibuat bahan dasarnya didominasi dengan Aci atau tepung kanji., tapi pada praktiknya Baso aci sering di sandingkan dengan ceker ayam yang direbus.

Buat yang pertama kali lihat pasti pesimis deh..tampilannya kurang menarik dan pasti menyangka rasa basonya biasa-biasa saja. Tapi menurut survey (versi sendiri) 10 dari 9 orang (kaya iklan aja) yang pernah nyoba baso aci berpendapat rasanya luar biasa. apalagi di hidangkan selagi kuahnya panas. trus settingan sambelnya memang beda sendiri..full original cabe rawit super pedas. Mantap!

Bahan utama (bakso):
- 1 kg tepung kanji
- 3 siung bawang putih dihaluskan
- 1 sdt merica bubuk
- garam secukupnya
- penyedap rasa secukupnya
- air mendidih

Bahan isi :
- telor (diorak arik)
- bumbu kacang (kacanag tanah goreng, gula merah, garam, penyedap rasa, cabe rawit) dihaluskan.
- ayam yang telah direbus dan diberi garam lalu disuir
- abon

Bahan Kuah :
- air
- kaldu ayam
- bawang daun diiris
- cabe rawit (diulek)
- ayam suir yang telah direbus
- minyak sayur
- garam
- merica
- penyedap rasa
- seledri

CARA MEMBUAT:

  1. Campur semua bahan bakso dengan air mendidih, aduk dengan tangan hingga kalis.
  2. Kemudian, setelah kalis adonan siapkan bahan isi dan bentuk bulat-bulat adonan dengan diisi bahan untuk bakso sesuai selera.
  3. Didihkan air.. setelah mendidih masukan bakso yang telah dicetak hingga bakso nya terlihat ke permukaan (ini menandakan bakso telah matang). Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan wajan, tuangkan minyak sayur, setelah panas masukkan daun bawang, cabe rawit yang sudah dihaluskan serta ayam suir aduk hingga matang.
  5. Didihkan air kembali ditambah dengan kaldu ayam sisa rebusan, setelah mendidih masukkan bakso yang telah ditiriskan dan masukkan pula daun bawang dan ayam tadi ke dalam panci, tambahkan pula bumbu seperti garam, merica, dan penyedap rasa. Terakhir masukkan seledri. Setelah tercampur, matikan api,,, BAKSO ACI SIAP DIHIDANGKAN

Untuk yang pingin praktis kami sediakan paket Baso Aci ini Seharga Rp.50.000,- per seratus baso  (Rp. 500,- perbaso) yang anda tinggal nikmati aja.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code