Rabu, 10 Desember 2014

Kerupuk Kulit dan Dorokdok Cemilan ala Garut

Tidak lengkap ketika anda berkunjung ke Garut, belum mencicipi salah satu makanan khas Garut yaitu kerupuk kulit dan dorokdok. Makanan khas Garut yang satu ini memiliki cita rasa yang khas, unik gurih, renyah, dan yang pasti tidak ada duanya. Kedua cemilan ini hampir sejenis, bedanya hanya diracikan bumbu dan bahan dasarnya. Kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau yang diberi bumbu ketumbar, bawang putih, kunir, asam jawa, dan gula merah. Sedangkan dorokdok terbuat dari daging sapi pilihan yang diolah dengan cara yang sama yaitu, kulit mentah direbus kemudian dijemur menjadi kulit yang siap digoreng. Proses pengerjaannya cukup lama, sekitar lima hari sampai satu minggu.




Cemilan yang renyah ini bisa dimakan sebagai pelengkap makan berkuah seperti baso atau bisa dimakan begitu saja dan dimana saja. Kini berbagai rasa kerupuk kulit dan dorokdok dijajakan diberbagai toko penjual oleh-oleh Garut, seperti rasa oroginal, manis, asin, gurih, dan pedas yang memiliki peminat paling banyak.

Kemasan kerupuk kulit seberat 250 gr, dengan bandrol seharga Rp. 8.000,- sedangkan dorokdok dengan kemasan seberat 250 gr dibandrol dengan harga Rp. 12.000,-. harga yang sangat terjangkau.

Menurut seorang pengrajin kerpuk kulit dan dorokdok yang telah menggeluti usahanya selama puluhan tahun, "Kerupuk kulit dan dorokdok Garut, dijamin tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga rasanya sangat alami", tuturnya.

Kerupuk kulit dan dorokdok Garut tesedia dalam berbagai ukuran kemasan, dengan harga yang mampu bersaing. tersedia juga dengan berbagai merk yang sudah sangat terkenal seperti Pada Sono, Hikmah, Pusaka, dan Iti Kurih.

Penasaran?? Silakan mencoba dan dijamin pasti ketagihan!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code